02 March 2013

Positioning: The battle for your mind

Suatu bisnis memiliki produk/ jasa yang dihasilkan. Produk atau jasa ini diharapkan dibeli oleh masyarakat/konsumen. Di sisi lain, masyarakat/konsumen telah memiliki pilihan-pilihan merek yang disukai untuk suatu kategori produk. Misalnya, ketika masyarakat/konsumen ingin membeli pasta gigi, yang ada dalam pikirannya adalah Pepsodent dan close Up. Lalu bagaimana agar merek kita menjadi salah satu pilihan dalam pikiran masyarakat/konsumen.


Menempatkan merek suatu produk/jasa ke dalam pikiran konsumen diistilahkan dengan positioning. Dua konsep utama positioning agar mudah masuk ke dalam pikiran masyarakat/konsumen adalah:
1) Lebih baik menjadi yang pertama di suatu kategori daripada menjadi yang lebih baik.
2) Jika anda tidak dapat menjadi yang pertama dalam kategori tertentu, tentukan kategori baru yang membuat anda dapat menjadi yang pertama.


contohnya pasta gigi Sensodyne yang akhirnya membuat kategori baru dan menjadi yang pertama dipikiran masyarakat/konsumen.
Sensodyne membuat kategori baru, yaitu kategori pasta gigi untuk gigi sensitive.


Contoh lain: ketika dua merek minuman Coca-Cola dan Pepsi Cola tenar, muncul minuman baru yang bisa ikut tenar juga, yaitu Gatorade. Gatorade membuat kategori baru, yaitu kategori minuman olahraga.

No comments:

Post a Comment

Back To Top