01 June 2013

The Wisdom of Crowds: Why the many are smarter than the few

Ketika kita mendapatkan suatu permasalahan, kita biasanya akan bertanya kepada yang ahlinya. Sebenarnya kita bisa mendapatkan solusi yang lebih baik daripada solusi yang diberikan oleh seorang ahli.


Jika anda bisa mengumpulkan kelompok orang yang jumlahnya cukup besar dan beragam. Lalu Anda meminta solusi-solusi terhadap permasalahan-permasalahan Anda kepada sekelompok orang ini. Maka akumulasi solusi-solusi yang diberikan oleh sekelompok orang ini(91% kebenaranya) akan lebih baik daripada akumulasi solusi-solusi dari seorang ahli(65% kebenaranya).


Terdapat 4 tipe permasalahan dimana sekelompok orang akan dapat memberikan solusi yang lebih baik dari seorang ahli. 4 tipe permasalahan ini antara lain:
1) Permasalahan yang memiliki solusi benar/salah
2) Permasalahan yang memiliki solusi tertentu yang lebih baik dari solusi yang lain.
3) Permasalahan yang berhubungan dengan koordinasi.
4) Permasalahan yang berhubungan dengan kerjasama.



Sekolompok orang akan lebih pintar daripada seorang ahli, jika terdapat 4 karakteristik:

1) Terdapat keragaman pendapat.
Setiap orang pasti memiliki infromasi yang berbeda dengan orang lain. Informasi ini dapat berupa data atau sudut pandang terhadap suatu permasalahan atau analisa atau intuisi.
2) Memiliki kebebasan berpendapat.
Pendapat anggota seorang kelompok tidak dipengaruhi oleh pendapat anggota kelompok lainya.
3) Menyebar.
Anggota kelompok tinggal di daerah yang berbeda-beda, sehingga membuat tiap anggota kelompok memiliki pengetahuan kedaerahan yang berbeda-beda.
4) Ada suatu metode untuk mengumpulkan solusi dari tiap anggota kelompok, kemudian di ambil rata-rata dari kumpulan solusi tersebut.


Jadi jika Anda memiliki sekelompok orang yang beragam(memiliki data/informasi yg berbeda) dan pendapat anggota kelompok tidak dipengaruhi pendapat kelompok yang lain, maka secara keseluruhan kelompok tersebut akan lebih pintar dari seorang Ahli(expert).

2 comments:

Mamandar said...

Nice info, makasih Gan :D

Zulkiplin said...

Terima kasih kembali Gan :)

Post a Comment

Back To Top