02 July 2013

Made to Stick: Why some ideas survive and others die

Kita seringkali mengalami kesulitan untuk mengkomunikasikan pesan agar dipahami, diingat, dan dapat mengubah opini dan perilaku seseorang. Seperti kata pepatah: “Jangan hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan.”

Chip Heath dan Dan Heath dalam bukunya yang berjudul Made to Stick akan memberikan 6 prinsip supaya pesan mudah dipahami, diingat, dan mengubah opini atau perilaku seseorang.

Prinsip no 1) Kemudahan.
Suatu pesan agar mudah diingat, maka pesan tersebut haruslah sederhana. Untuk membuat pesan menjadi sederhana, kita dapat mencontoh pepatah. Pepatah dibuat menggunakan satu kalimat yang maknanya sangat dalam.

Prinsip no 2) Tidak terduga
Dengan pesan yang tidak terduga, maka seseorang akan terkejut.
Ketika seseorang terkejut, maka dia akan memberikan perhatian. Karena ketika kita terkejut, kita akan memfokuskan diri kita terhadap sesuatu dan mengabaikan hal lainnya.

Tetapi hal yang mengejutkan tidak akan bertahan lama. Untuk membuat pesan diingat dalam waktu yang lama, kita harus membuat orang tersebut tertarik dan penasaran.

Prinsip no 3) Kongkrit
Suatu pesan akan susah dipahami jika kita menggunakan bahasa yang abstrak. Dan akan mudah dipahami jika kita menggunakan bahasa yang kongkrit, yang nyata.

Prinsip no 4) Kredibilitas
Suatu pesan akan lebih mudah dipercaya jika orang yang menyampaikannya adalah seseorang yang memiliki kredibilitas di bidang tersebut.

Prinsip no 5) Perasaan
Suatu pesan akan mengubah opini dan perilaku orang, jika orang tersebut tersentuh perasaannya oleh pesan yang disampaikan.

Prinsip no 6) Cerita
Suatu pesan akan menggerakan orang tersebut untuk bertindak, jika kita bungkus pesan tersebut dalam sebuah cerita.  Dengan adanya cerita, kita diajari untuk berprilaku ketika suatu situasi terjadi. Secara tidak sadar seseorang yang mendengarkan cerita, orang tersebut sedang melatih tindakan yang akan diambilnya ketika suatu situasi terjadi. Dan latihan ini dilakukan di pikirannya.



Contoh penerapan beberapa prinsip Made to Stick.
Pesan yang tidak diingat: “Misi kita adalah menjadi pemimpin dalam industri ruang angkasa dengan cara memaksimalkan inovasi dan menargetkan kegiatan ruang angkasa yang strategis”.

Pesan dari John F. Kennedy: “... pada akhir dekade ini kita tempatkan orang di bulan dan bawa pulang dia dengan selamat ke bumi.”

Pesan pertama seperti visi yang sering kita dengar, terlalu banyak hal abstrak di dalamnya. Sedangkan pesan dari John F. Kennedy memiliki prinsip kemudahan dengan konsep satu kalimatnya, memiliki prinsip kongkrit, tidak terdapat kata-kata yang abstrak di dalamnya, dan memiliki prinsip tak terduga yang akan membuat pendengar terkejut dan akhirnya memperhatikan (menempatkan orang di bulan).

Tidak semua prinsip harus diterapkan bersamaan pada suatu pesan, tetapi jika suatu pesan tidak menerapkan ke-6 prinsip Made to Stick, maka pesan akan masuk telinga kiri, keluar di telinga kanan.

2 comments:

deni supriadi said...

thanks Gan :)
http://jendelamatakita.blogspot.com

Zulkiplin said...

You are welcome Gan :)

Post a Comment

Back To Top