30 November 2013

Good to Great: Why some companies make the leap... and others don’t

Bagaimanakah perusahaan biasa berubah menjadi perusahaan luar biasa? 

Perubahan sebuah perusahaan biasa menjadi perusahaan luar biasa itu bukan terjadi karena adanya revolusi besar di tubuh perusahaan tersebut, dan perubahan itu tidak terjadi dalam waktu semalam. Yang terjadi adalah, perubahan itu dilakukan selangkah demi selangkah, dalam waktu yang panjang lebih dari 10 tahun. 


Ada 6 hal yang menjadi ciri bahwa perusahaan biasa dalam perjalanan menjadi perusahaan luar biasa:

1) Pemimpin Level 5.
Perusahaan biasa yang berubah menjadi perusahaan luar biasa memiliki CEO yang rendah hati serta memiliki kemauan yang kuat untuk melakukan yang terbaik bagi kesuksesan perusahaan.


2) Pertama siapa, lalu apa.
Banyak dari kita yang berpikir bahwa proses yang benar adalah membuat visi, baru kemudian merekrut orang-orang yang tepat untuk mencapai misi tersebut. Para “Pemimpin Level 5” memiliki cara yang berbeda, mereka pertama-tama akan fokus untuk mendapatkan karyawan yang tepat, lalu menempatkannya pada posisi yang tepat. Setelah itu baru memikirkan ke mana arah dari perusahaan.

Dengan karyawan-karyawan yang tepat ini “Pemimpin Level 5” tidak perlu sibuk memberi motivasi, karena mereka memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri.


3) Mengetahui dan menghadapi kenyataan yang ada. 
“Pemimpin Level 5” mengetahui situasi yang sebenarnya terjadi, informasi yang didapatkan oleh “Pemimpin Level 5” bukanlah informasi “Asal Bapak Senang (ABS)”, bukan hanya informasi yang menyenangkan, tetapi seluruh informasi termasuk informasi yang tidak menyenangkan untuk didengar. Dengan informasi ini “Pemimpin Level 5” dapat membuat keputusan-keputusan bisnis yang lebih baik untuk perusahaan.


4) Menemukan bisnis inti yang ingin dikembangkan. 
Bisnis inti dari perusahaan luar biasa ditemukan dari 3 buah pertanyaan:
a.    Bidang apakah yang paling Anda minati?
b.    Di bidang apa Anda bisa menjadi yang terbaik didunia?
c.    Di bidang apa Anda mendapatkan uang?

Bisnis inti perusahaan luar biasa memiliki ke-3 faktor diatas. 


5) Budaya disiplin. 
Pada perusahaan biasa yang akan berubah menjadi perusahaan luar biasa terdapat budaya disiplin. “Pemimpin Level 5” berdisiplin untuk mengembangkan bisnis yang sesuai dengan strategi bisnis inti yang telah dibuat, serta tidak mengejar bisnis yang tidak sesuai dengan strategi bisnis inti yang telah dibuat. Para karyawannya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk membuat dan mengimplementasikan taktik-taktik yang sesuai dengan strategi bisnis inti perusahaan.


6) Teknologi penunjang. 
Setelah memiliki strategi bisnis inti yang ingin dituju, “Pemimpin Level 5” akan mencari teknologi yang cocok dengan strategi bisnis inti tersebut. Jika teknologi yang cocok ditemukan, “Pemimpin Level 5” akan menggunakan teknologi tersebut untuk mempercepat perkembangan perusahaan.

4 comments:

MDM said...

Nice Gan, thanks sharing infonya... :D

Zulkiplin said...

Terima kasih kembali Gan :)

Desi Oktoriana said...

Ini OK!

Zulkiplin said...

Nuhun Bu

Post a Comment

Back To Top