05 October 2013

The 7 Habits of Highly Effective People: Powerful lessons in personal change

Apa saja 7 kebiasaan yang akan membuat Anda menjadi orang yang efektif?

Jadilah proaktif, bukan reaktif (kebiasaan 1). Anda harus bertindak agar apa yang Anda harapkan terwujud, jangan hanya pasif menunggu.

Anda harus proaktif mengejar cita-cita Anda. Untuk itu buatlah cita-cita yang akan menjadi tujuan hidup Anda (kebiasaan 2). Dengan adanya cita-cita ini Anda akan dapat membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan (blue print kehidupan Anda).

Anda harus memprioritaskan kegiatan (kebiasaan 3) mana yang mesti dilakukan terlebih dahulu untuk mencapai cita-cita/ impian Anda. Kerjakan kegiatan yang penting, dan abaikan kegiatan yang tidak penting.

3 kebiasaan diatas akan membuat Anda menjadi seseorang yang efektif secara individu. Setelah Anda berhasil mengimplementasikan ke-3 kebiasaan untuk individu tersebut, saatnya Anda memiliki kebiasaan efektif untuk berinteraksi dengan orang lain.

Berkeinginan agar kedua belah pihak mendapatkan manfaat (kebiasaan 4). Jalinan kerja-sama akan langgeng jika kedua belah pihak merasa mendapatkan keuntungan dari kerjasama tersebut.

Dengarkanlah untuk memahami keinginan teman bicara Anda, baru kemudian Anda akan dipahami (kebiasaan 5). Biasanya teman bicara Anda akan dengan senang hati mencoba memahami keinginan Anda, setelah dia merasa didengarkan dan dipahami keinginannya.

Bekerja samalah/ bersinergi (kebiasaan 6). Setelah kedua belah pihak saling memahami keinginan teman bicaranya, Anda dapat membuat kerjasama yang akan memberikan manfaat kepada kedua belah pihak.

Bagaimanapun Anda perlu menemukan cara-cara baru yang lebih efektif untuk mencapai cita-cita/ impian Anda, atau cara yang lebih efektif untuk bisa memahami keinginan teman bicara Anda, atau kemampuan lainnya. Untuk itu Anda perlu terus mengembangkan kemampuan Anda (kebiasaan 7).

2 comments:

Agus Carka said...

dah lama nih gue suka sama buku ini

sukses bukuzu !!!!!


:)
(y)

Zulkiplin said...

Terima kasih Pak Agus

Post a Comment

Back To Top